Tutorial Setting SIMRS El Khanza - Versi 01.1


Pertama kali terlebih dulu dilakukan pengaturan data awal Klinik :

[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS








[1] SET APLIKASI = Untuk melakukan pengaturan data awal klinik. Nama, alamat dll
>>Klik icon SET APLIKASI<<


Setelah anda masuk pada menu SET APLIKASI, silahkan anda mengisikan data awal dari klinik / rumah sakit / puskesmas / rumah bersalin yang anda kelola.

Anda bisa mengganti wallpaper di tampilan awal SIMRS ini dengan yang anda inginkan. Juga bisa memasang logo klonik anda. Silahkan klik icon Klip pada masing-masing kolom.

[2] SET ADMIN

Pada menu ini anda dapat melakukan pengaturan ID Admin dan password admin utama. Pada SIMRS ini hanya di bolehkan melakukan input satu admin utama. Akses user yang lain nanti bisa di set di menu SET USER.



[3] SET P.J. LAB, RAD, HEMOD

Pada menu ini anda bisa mengatur tenaga medis penanggung jawab laboratorium, radiologi dan hemodialisa.

Namun sebelum anda mengisi data penanggung jawab, pastikan anda telah mengisi data pegawai dan data dokter. Untuk cara pengisian data pegawai silahkan baca tutorial dibawah ini.
Setelah diisi semua penaggung jawab, lalu kik SIMPAN

[MENGISI DATA PEGAWAI]
Masuk pada tampilan menu [C] Presensi, Manajemen & Penggajian

Klik icon Kepegawaian dan Gaji

Tunggu sebentar untuk loading.

Klik icon Data Pegawai

Klik Input Data


Isilah data pegawai yang di perlukan, lalu klik simpan




[MENGISI DATA DOKTER]
masih di tampilan menu [C] Presensi, Manajemen & Penggajian

Klik Menu Dokter
Klik Input Data
Klik icon klip pada kolom kode dokter.
Browse kode dokter dari data pegawai


Klik icon klip pada kolom spesialis.
Browse data spesialisasi dari data spesialisasi.

Klik SIMPAN

Kembali ke setting penggunaan awal :
[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS
>> Set. Oto Lokasi<<

Menu ini berfungsi untuk menentukan pengambilan penggunaan persediaan obat untuk masing-masing bagian / ruangan untuk pasien rawat inap, apakah diambil dari stock utama, ataukah diambilkan dari stock kecil pada masing-masing bangsal.


>>Set Kamar Inap<<

Untuk melakukan setting harga kamar anda harus terlebih dahulu melakukan setting data kamar dan data nomor kamar. Caranya adalah sebagai berikut :

<<Setting Data Kamar>>


- Masukkan data penanggung jawab lab dll
- setting embalse & tuslah
- set user akses
- set harga obat (diskon dll)
- set harga obat rawat jalan berdasar kelompok pengunjung
- set nomor rekam medis
- set nota dan kwitansi
- set jam pergantian kasir
- set jeda waktu keterlambatan karyawan

[C] Presensi, manajemen dan Penggajian Pegawai
- PETUGAS = Input data karyawan / tenaga medis
- DOKTER = Input data dokter
- BARCODE PRESENSI = input kartu absensi barcode, digunakan jika menggunakan mesin absensi.
- SIDIK JARI = input data rekam sidik jari, digunakan jika menggunakan mesin absensi finger print
- JAM PRESENSI = input data jam masuk / jam pulang tiap shift
- JADWAL PEGAWAI = pengaturan jadwal mashuk / jadwal shift pegawai. tombol spasi untuk edit data.
- JADWAL TAMBAHAN = Pengaturan jadwal masuk tambahan diluar jadwal uatama.
- PRESENSI HARIAN = menampilkan rekap presensi harian
- PRESENSI BULANAN = menampilkan rekap presensi bulanan
- REKAP KEHADIRAN = menampilkan rekap absensi berdasar waktu tertentu yang dipilih, untuk jadwal/shift utama.
- REKAP KEHADIRAN 2 = menampilkan rekap kehadiran untuk jadwal tambahan diluar jadwal utama
- KEPEGAWAIAN DAN GAJI = pengaturan data pegawai dan aturan penggajian
>> Tahun & Bulan = pengaturan tahun/tanggal/bulan
>> Bidang = input data per bidang
>> Pendidikan = input data gaji pegawai berdasar tingkat pendidikan
>> Status kerja = input data status pekerja
>> Status WP (Wajib Pajak) = input data status wajib pajak
>> Jenjang Jabatan = Input status jenjang jabatan
>> Departemen = Input data departemen
>> Bank = Input data bank yang digunakan untuk transaksi kas
>> Intensif = pengaturan intensif pegawai pada batasan pemasukan tertentu
>> Pendapatan Akte = pengaturan pendapatan pengurusan akte, dan pengaturan pembagiannya.
>> Pendapatan resume = pengaturan pembagian pendapatan resume (pendapatan lainnya) dan pembagiannya.
>> Pendapatan tuslah = pengaturan pembagian pendapatan tuslah dan pembagiannya.
>> Pendapatan Warung = pengaturan pembagian pendapatan Warung dan pembagiannya.
>> Data Pegawai = input data pegawai
>> Lembur pegawai = input data lembur pegawai
>> Keanggotaan = input data keanggotaan bpjs / jamsostek / koperasi
>> Potongan Gaji = Daftar potongan gasi dan dana sosial
>> Tindakan Medis = input data dan pengaturan tindakan medis
>> Tunjangan = data tunjangan pegawai
>> Jasa Lain = data pendapatan pegawai dari jasa lainnya
>> Daftar kasir = input data tunjangan kasir
>> Rawat jalan spesialis = menentukan tarif rawat jalan untuk dokter spesialis
>> Koperasi = data pinjaman koperasi pegawai
>> Jam jaga departemen = menentukan jam jaga per departemen
>> Penggajian = pengaturan sistim penggajian pegawai
>> Riwayat jabatan = pencatatan riwayan jabatan pegawai
>> Riwayat pendidikan = pencatatan riwayat pendidikan pegawai
>> Keg. ilmiah & pelatihan = pencatatan kegiatan pegawai
>> Kenaikan Gaji = pencatatan riwayan kenaikan gaji pegawai

- SMS GATEWAY = module sms gateway.

[A] REGISTRASI, TAGIHAN RANAP RALAN, RM, PELAYANAN DAN BILLING
- JADWAL PRAKTEK = pengaturan jadwal prakter dokter. sebelumnya harus sudah diinput dulu data dokter, atau dengan klik tanda plus (+) untuk input data dokter.

- PASIEN = daftar data pasien yang terdaftar. bisa input pendaftran pasien baru dari sini. atau untuk mencari data pasien berdasarkan kata konci tertentu (nama / no ktp )
- REGISTRASI = pencatatan pasien yang periksa hari ini. jika pasien baru (belum terdaftar) maka terlebih dahulu dilakukan pencatatan data rekam medis. bisa dari menu ini dengan klin tanda klip di kolom rekam medis, atau di input langsung dari menu pasien.
Dari menu ini dengan klik kanan di no rawat, anda bisa menuju menu lainnya yang dibutuhkan dalam input data pasien.

- UGD/IGD = input data pasin yang masuk ke IGD/UGD. jika pasien baru (belum terdaftar) maka terlebih dahulu dilakukan pencatatan data rekam medis. bisa dari menu ini dengan klin tanda klip di kolom rekam medis, atau di input langsung dari menu pasien.






SIMULASI PENANGANAN PASIEN DI KLINIK ACHI ICHI
- Pasien datang
- Ditanya kartu pasien
- Jika pasien baru, maka dilakukan pencatatan data pasien.
>>> Klik logo menu, pilih menu [A}, pilih Pasien.
>>> Input data pasien yang diperlukan, klik simpan.
>>> Masih di menu data pasien : >> Klik kanan kolom nama pasien yang baru di input.
>>> Klik identitas pasien, untuk cetak kartu pasien.
>>> klik laporan - klik laporan rekam medik, untuk mencetak lembar rekam medik.
>>>
- Jika pasien lama, langsung input registrasi pasien hari ini.



- DIAGNOSA PASIEN = berisi tentang kumpulan data diagnosa per pasien

- TINDAKAN RALAN =












[A] Registrasi, tagihan ralan ranap, rekam medis, pelayanan dan billing
- JALWAL PRAKTEK = Pengaturan jadwal praktek dokter (sebelumnya input data dokter di [C} - Dokter)

1. Input Jadwal Praktek Dokter


Registrasi = Pendaftaran awal pasien pada kunjungan pertama (belm terdaftar)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tutorial Setting SIMRS El Khanza - Versi 01.1 "

Post a Comment