Sistem Informasi dan managemen Rumah Sakit atau disebut dengan SIMRS atau disebut juga dengan program rumah sakit atau aplikasi rumah sakit yang dikembangkan oleh El-Khanza Soft ini merupakan sebuah aplikasi yang betul betul sudah komplit dan terintegerasi ke masing masing departemen.
Program / Software Rumah Sakit ini sangat cocok digunakan untuk pengelolaan manajemen rumah sakit baik dalam sekala kecil maupun dalam sekala besar.
SIM Rumah sakit ini bisa juga digunakan untuk klinik dalam skala kecil ataupun hanya sekedar digunakan untuk manajerial pengelolaan praktek dokter. karena sim rumah sakit ini sangatlah fleksibel. fitur fiturnya bisa ditambahkan dan dikurangkan berdasarkan kebutuhan.
Software ini juga bisa digunakan sebagai pengelolaan puskesmas, balai kesehatan, rumah bersalin juga klinik-klinik lainnya.
Kalau dinilai dari segi fungsi dan kehandalannya software ini harusnya bernilai puluhan juta rupiah, namun sang pengembang sangatlah mulia dan berbaik hati karena beliau tidak menarik sepeserpun dari penggunaan software ini. Padahal software ini terus dikembangkan dari waktu ke waktu.
namun begitu anda mungkin akan mengeluarkan biaya untuk kebutuhan setup dan instalasi awal beserta training penggunaannya oleh pihak ketiga yang sudah diijinkan oleh pengembang.
Untuk menggunakan SIMRS dalam usaha klinik anda sebaiknya anda melakukan input data pada beberapa parameter dasar berikut ini :
SETTING DATA ID KLINIK DAN KEPEGAWAIAN
- Input data klinik
- Input data admin dan akses user
- Input data pegawai
- Input data dokter, tenaga medis dan spesialisasi
- Input jadwal praktek dokter
- Input data unit / poliklinik
- Input data pasien lama
- Input data Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan langsung di form input data pasien
- Input data asuransi / askes / golongan billing
- Input data kamar rawat inap (jika diperlukan)
- Input data tarip tindakan dan pelayanan
- Input data kepegawaian, gaji, pengaturan tunjangan dan bonus
- Input data jam presensi
- Input pengaturan jadwal pegawai
- Input data jadwal tambahan pegawai
- Input data tanggal dan hari libur nasional
- Input data bidang pekerjaan
- Input data pendidikan pegawai dan gaji pokok
- Status pekerja
- Status wajib pajak
- Jenjang jabatan
- Departemen
- Data bank
- Pendapatan akte dan pembagiannya
- Pendapatan resume
- Pendapatan tuslah
- Pendapatan warung
- Data pegawai
- Lembur pegawai
- Keanggotaan
- Potongan gaji
- Tindakan medis
- Tunjangan
- Jasa lainnya
- Data kepegawaian dan penggajian
INPUT DATA BARANG (OBAT, ALKES, BHP)
------------------
Input data supplier
Input data satuan barang
Input data barang, obat, alkes, dan bhp
INPUT DATA BARANG NON MEDIS & PENUNJANG
INPUT DATA INVENTARIS
INPUT DATA TARIF PELAYANAN
INPUT DATA KEUANGAN
Sebelum melangkah pada tahapan berikutnya hendaknya pengisian data awal untuk beberapa item diatas haruslah terselesaikan lebih dahulu.
Tutorial masing-masing item akan kita bahas satu per satu.
Cetaklah ceklist seperti berikut ini sebagai bahan monitoring :
1. INPUT
DATA KLINIK
[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS
Pilih SET APLIKASI = Untuk
melakukan pengaturan data awal klinik. Nama, alamat dll
>>Klik icon SET APLIKASI<<
Setelah anda masuk pada menu SET
APLIKASI, silahkan anda mengisikan data awal dari klinik / rumah
sakit / puskesmas / rumah bersalin yang anda kelola.
Anda bisa mengganti wallpaper di
tampilan awal SIMRS ini dengan yang anda inginkan. Juga bisa memasang
logo klonik anda. Silahkan klik icon Klip pada masing-masing kolom.
2. INPUT DATA ADMIN DAN USER AKSES
[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS
Kemudian
pilih [2] SET ADMIN
Pada menu ini anda dapat melakukan
pengaturan ID Admin dan password admin utama.
Pada SIMRS ini hanya di bolehkan
melakukan input satu admin utama. Akses user yang lain nanti bisa di
set di menu SET USER.
3. INPUT DATA PEGAWAI
Yang dimaksud
pegawai adalah semua pekerja yang bekerja dan mendapatkan gaji atau
upah dari usaha yang dijalanlan. Termasuk didalamnya adalah dokter,
tenaga medis, bidan, tenaga sipil, administrasi, kebersihan, dll.
[C] Presensi, Manajemen &
Penggajian
Klik icon Kepegawaian dan Gaji
Tunggu sebentar untuk loading. Setelah
terbuka maka akan terlihat daftar menu seperti gambar dibawah ini :
Untuk melakukan pengaturan data
pegawai, silahkan anda klik icon Data Pegawai :
Akan terlihat tampilan seperti dibawah
ini, silahkan klik tulisan Input Data untuk memulai memasukkan
data pegawai.
Setelah anda melakukan klik INPUT
DATA, maka akan terlihat tampilan seperti berikut ini :
Silahkan masukkan data pegawai seperti
pada kolom yang tersedia. Klik SIMPAN jika anda selesai
melakukan input pada satu nama. Selanjutnya untuk melakukan input
data pegawai yang baru anda klik kembali tulisan INPUT DATA.
Demikian seterusnya sampai data pegawai selesai terinput semua.
[MENGISI DATA DOKTER]
masih di tampilan menu [C] Presensi,
Manajemen & Penggajian
Klik Menu Dokter
Akan tampil seperti dibawah ini :
Untuk
menambahkan data silahkan Klik Input Data Maka akan terlihat tampilan seperti ini
:
Klik icon klip pada kolom kode dokter.
Browse kode dokter dari data pegawai
Klik icon klip pada kolom spesialis.
Browse data spesialisasi dari data
spesialisasi.
Klik SIMPAN
maaf min...untuk login awal ID ADMIN sama password nya apaan ya?? soalnya saya coba
ReplyDeleteid admin : spv
pass : server
katanya salah min...bisa di bantu??