Setting Awal SIMRS Al Khanza




Sistem Informasi dan managemen Rumah Sakit atau disebut dengan SIMRS atau disebut juga dengan program rumah sakit atau aplikasi rumah sakit yang dikembangkan oleh El-Khanza Soft ini merupakan sebuah aplikasi yang betul betul sudah komplit dan terintegerasi ke masing masing departemen.
Program / Software Rumah Sakit ini sangat cocok digunakan untuk pengelolaan manajemen rumah sakit baik dalam sekala kecil maupun dalam sekala besar.
SIM Rumah sakit ini bisa juga digunakan untuk klinik dalam skala kecil ataupun hanya sekedar digunakan untuk manajerial pengelolaan praktek dokter. karena sim rumah sakit ini sangatlah fleksibel. fitur fiturnya bisa ditambahkan dan dikurangkan berdasarkan kebutuhan.

Software ini juga bisa digunakan sebagai pengelolaan puskesmas, balai kesehatan, rumah bersalin juga klinik-klinik lainnya.
Kalau dinilai dari segi fungsi dan kehandalannya software ini harusnya bernilai puluhan juta rupiah, namun sang pengembang sangatlah mulia dan berbaik hati karena beliau tidak menarik sepeserpun dari penggunaan software ini. Padahal software ini terus dikembangkan dari waktu ke waktu.
namun begitu anda mungkin akan mengeluarkan biaya untuk kebutuhan setup dan instalasi awal beserta training penggunaannya oleh pihak ketiga yang sudah diijinkan oleh pengembang.

Untuk menggunakan SIMRS dalam usaha klinik anda sebaiknya anda melakukan input data pada beberapa parameter dasar berikut ini :

SETTING DATA ID KLINIK DAN KEPEGAWAIAN
  1. Input data klinik
  2. Input data admin dan akses user
  3. Input data pegawai
  4. Input data dokter, tenaga medis dan spesialisasi
  5. Input jadwal praktek dokter
  6. Input data unit / poliklinik
  7. Input data pasien lama
  8. Input data Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan langsung di form input data pasien
  9. Input data asuransi / askes / golongan billing
  10. Input data kamar rawat inap (jika diperlukan)
  11. Input data tarip tindakan dan pelayanan
  12. Input data kepegawaian, gaji, pengaturan tunjangan dan bonus
  13. Input data jam presensi
  14. Input pengaturan jadwal pegawai
  15. Input data jadwal tambahan pegawai
  16. Input data tanggal dan hari libur nasional
  17. Input data bidang pekerjaan
  18. Input data pendidikan pegawai dan gaji pokok
  19. Status pekerja
  20. Status wajib pajak
  21. Jenjang jabatan
  22. Departemen
  23. Data bank
  24. Pendapatan akte dan pembagiannya
  25. Pendapatan resume
  26. Pendapatan tuslah
  27. Pendapatan warung
  28. Data pegawai 
  29. Lembur pegawai
  30. Keanggotaan
  31. Potongan gaji
  32. Tindakan medis
  33. Tunjangan
  34. Jasa lainnya
  35. Data kepegawaian dan penggajian
-----------------------------

INPUT DATA BARANG (OBAT, ALKES, BHP)
------------------
Input data supplier
Input data satuan barang
Input data barang, obat, alkes, dan bhp

INPUT DATA BARANG NON MEDIS & PENUNJANG
INPUT DATA INVENTARIS 
INPUT DATA TARIF PELAYANAN
INPUT DATA KEUANGAN

Sebelum melangkah pada tahapan berikutnya hendaknya pengisian data awal untuk beberapa item diatas haruslah terselesaikan lebih dahulu.

Tutorial masing-masing item akan kita bahas satu per satu.

Cetaklah ceklist seperti berikut ini sebagai bahan monitoring :


1. INPUT DATA KLINIK

Klikpada pojok kiri kemudian pilih tampilan menu :

[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS


Pilih SET APLIKASI = Untuk melakukan pengaturan data awal klinik. Nama, alamat dll

>>Klik icon SET APLIKASI<<


Setelah anda masuk pada menu SET APLIKASI, silahkan anda mengisikan data awal dari klinik / rumah sakit / puskesmas / rumah bersalin yang anda kelola.
Anda bisa mengganti wallpaper di tampilan awal SIMRS ini dengan yang anda inginkan. Juga bisa memasang logo klonik anda. Silahkan klik icon Klip pada masing-masing kolom.

2. INPUT DATA ADMIN DAN USER AKSES

Klikpada pojok kiri kemudian pilih tampilan menu :

[L] Setting Penggunaan Aplikasi HMS

Kemudian pilih [2] SET ADMIN


Pada menu ini anda dapat melakukan pengaturan ID Admin dan password admin utama.
Pada SIMRS ini hanya di bolehkan melakukan input satu admin utama. Akses user yang lain nanti bisa di set di menu SET USER.



3. INPUT DATA PEGAWAI

Yang dimaksud pegawai adalah semua pekerja yang bekerja dan mendapatkan gaji atau upah dari usaha yang dijalanlan. Termasuk didalamnya adalah dokter, tenaga medis, bidan, tenaga sipil, administrasi, kebersihan, dll.

Klikpada pojok kiri kemudian pilih tampilan menu :

[C] Presensi, Manajemen & Penggajian

Klik icon Kepegawaian dan Gaji

Tunggu sebentar untuk loading. Setelah terbuka maka akan terlihat daftar menu seperti gambar dibawah ini :


Untuk melakukan pengaturan data pegawai, silahkan anda klik icon Data Pegawai :
Akan terlihat tampilan seperti dibawah ini, silahkan klik tulisan Input Data untuk memulai memasukkan data pegawai.


Setelah anda melakukan klik INPUT DATA, maka akan terlihat tampilan seperti berikut ini :



Silahkan masukkan data pegawai seperti pada kolom yang tersedia. Klik SIMPAN jika anda selesai melakukan input pada satu nama. Selanjutnya untuk melakukan input data pegawai yang baru anda klik kembali tulisan INPUT DATA. Demikian seterusnya sampai data pegawai selesai terinput semua.


[MENGISI DATA DOKTER]
masih di tampilan menu [C] Presensi, Manajemen & Penggajian

Klik Menu Dokter

Akan tampil seperti dibawah ini :

Untuk menambahkan data silahkan Klik Input Data Maka akan terlihat tampilan seperti ini :

Klik icon klip pada kolom kode dokter.
Browse kode dokter dari data pegawai

Klik icon klip pada kolom spesialis.
Browse data spesialisasi dari data spesialisasi.


Klik SIMPAN

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " Setting Awal SIMRS Al Khanza "

  1. maaf min...untuk login awal ID ADMIN sama password nya apaan ya?? soalnya saya coba
    id admin : spv
    pass : server
    katanya salah min...bisa di bantu??

    ReplyDelete